Laman

Rabu, 16 September 2015

Manajemen



Manajemen memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Tujuan manajemen intinya adalah demi efektifitas dan efisiensi. Jurusan manajemen sangat fleksibel, dan bisa masuk di perusahaan manapun. Karena apapun industri perusahaan itu, semuanya tetap membutuhkan lulusan manajemen

review jurusan manajemen

Yang dipelajari di jurusan manajemen ini mulai dari etika berbicara, sampai materi-materi yg berhubungan dgn akuntansi, ekonomi, sumber daya manusia, pemasaran dll. Jadi dipelajari ilmu-ilmu yang berhubungan dengan siklus hidup perusahaan, karena nanti orang manajemen salah satu fungsinya adalah pengambilan keputusan untuk menentukan arah atau kebijakan perusahaan. 

Di semester lanjut ada pembagian konsentrasi/keahlian, secara umum biasanya terbagi dalam 4 konsentrasi
1.    Manajemen keuangan
2.    Manajemen pemasaran
3.    Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen keuangan membahas tentang perencanaan keuangannya maupun investasi perusahaan. Keahlian manajemen keuangan misalnya ngitung investasi, return of investment perusahaan, dan analisa2 keuangan lain. Jadi salah ya apabila ada yang bilang manajemen itu ga ada itung-itungan. apalagi kalo ambil keahlian manajemen keuangan. Manajemen pemasaran membahas tentang marketing perusahaan. Manajemen SDM nanti misalnya di bagian kepegawaian atau HRD perusahaan. keahlian manajemen SDM misalnya kerjanya ngitung analisis beban kerja, kebutuhan pegawai, rekrutmen dll

Kalo di SBM ITB, pembagiannya finance, marketing, human resource, operasional, teknologi, entrepreneurship.

Manajemen ini mempunyai kemiripan dengan Teknik Industri, yakni sama-sama mengatur. Bedanya manajemen sama teknik industri  teknik industri mengatur tapi lebih ke teknis, kalo manajemen lebih ke strukturalnya

Lulusan Manajemen dapat mengisi posisi di bagian: Keuangan, Pemasaran, SDM, Perbankan, Industri, Perusahaan Retail, Jasa, Konsultan dll 

sumber:Klik di Sini

Manfaat Manajemen Adapun manfaat kita mempelajari dan memahami manajemen dapat diketahui dari uraian di bawah ini:  
  • Membantu kita membuat strategi yang lebih baik dengan menggunakan pendekatan yang lebih sistematis, logis, rasional pada pilihan strategis.
  • Merupakan sebuah proses bukan keputusan atau dokumen. Tujuan utama dari proses adalah mencapai pengertian dan komitmen dari apa yang kita rencanakan.
  • Proses yang kita laksanakan menyediakan pemberdayaan individual. Pemberdayaan adalah tindakan memperkuat pengertian diri sendiri mengenai efektivitas dengan mendorong dan menghargai usaha kita untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan dan latihan inisiatif serta imajinasi.
  • Meningkatkan kesadaran kita akan ancaman eksternal sehingga kita akan terbiasa mempersiapkan rencana lain atas kejadian yang tidak diinginkan dari factor luar.
  • Kita dapat mengetahui dengan  lebih baik mengenai strategi pesaing sehingga kita akan lebih mudah menghadapinya.
  •  Berkurangnya penolakan kita terhadap perubahan karena kita telah mempersiapkan rencana atas perubahan tersebut.
  • Memungkinkan kita untuk identifikasi, penentuan prioritas, dan eksploitasi peluang yang terbaik atas permasalahan dan pilihan keputusan.
  • Kita dapat merepresentasikan kerangka kerja untuk aktivitas kontrol dalam kehidupan sehari-hari dengan lebih baik yang dapat mengatur rencana kegiatan kita.
  •  Memungkinkan alokasi sumber daya dan waktu yang lebih sedikit  bagi kita untuk mengoreksi keputusan yang salah atau tidak terencana.
  • Menciptakan kerangka kerja  komunikasi internal dengan orang lain.
  •  Membantu mengintegrasikan perilaku individu kita kedalam kelompok atau golongan.
  • Mendorong pemikiran ke masa depan, sebab dengan mempelajari manajemen kita telah belajar menganalisa rencana.
  • Menjadikan kita kooperatif, terintegrasi, dan antusias untuk menghadapi masalah dan peluang.
  • Mendorong terciptanya sikap positif akan perubahan dalam diri kita
  • Memberikan tingkat kedisiplinan dan formalitas kepada manajemen kegiatan kita.

Tujuan  mempelajari Manajemen     
  •  Melaksanakan dan mengevaluasi strategi yang kita pilih secara efektif dan efisien
  • Mengevaluasi kinerja, meninjau, dan mengkaji ulang situasi serta melakukan berbagai penyesuaian dan koreksi jika terdapat penyimpangan di dalam pelaksanaan strategi.
  • Senantiasa memperbaharui strategi yang kita rumuskan agar sesuai dengan perkembangan lingkungan eksternal.
  • Senantiasa meninjau kembali kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman peluang yang ada
  • Senantiasa melakukan inovasi atas kegiatan sehingga kita hidup kita lebih teratur.

Kesimpulan
Adapun kesimpulan yang kita dapat ambil dari memepelajari manajemen adalah sebagai berikut:
  • Menyadarkan pada kita bahwa manusia mempunyai kemampuan yang sangat terbatas sehingga kita perlu membuat rencana untuk mengatasi ketidakmapuan itu dengan menggunakan sumber daya yang ada disekeliling kita.
  • Dari rencana-rencana yang kita buat maka kita dituntut untuk disiplin, dan ulet menjalankannya  serta  berinovasi membuat rencana-rencana cadangan yang membuat daya analisis dan imajinasi kita bertambah tajam.
  • Rencana yang kita buat tentu tidak bisa kita jalankan dengan sendiri tetapi perlu dukungan dari pihak eksternal sehingga menuntut kita untuk menguasai ketrampilan berkomunikasi  dengan orang lain
  • Mempersiapkan diri kita atas perubahan-perubahan yang mungkin akan kita hadapi, kita telah mampu memprediksi dan memperkirakan sebelumnya atas rencana yang kita buat sabelumnya, sebab dalam rencana yang kita buat kita telah menyiapkan rencana cadangan atas setiap perubahan dan kendala.
  • Dengan manajemen membuat hidup kita lebih teratur dalam menjalankan kehidupan sehari-hari baik itu manajemen waktu, manajemen keuangan dan manajemen-manajemen lainnya. 
sumber:Klik di Sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar